Rabu, 12 Februari 2014

Kegiatan Guru

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Ustadz/Ustadzah MI Tahassus Prapagkidul

Tampak dari depan Ustadz deden sedang melakukan Kegiatan Seminar

Dari kiri Ustadz Deden bersama Pak Zuhro (Tengah) dan Ustadz Nastangin (Kiri)



Silaturami dan halal bi halal di kediaman Kepala MI Tahassus
Semakin menambah keakraban para guru dan Karyawan


Silahturahmi bersama Al-Mukaromah Ibu Ny. Hj. Nurhannah Maryam
 Pengasuh Ponpes Addalhariyyah Watu Congol Magelang


Program Unggulan

Program Unggulan

  • Tahfidz Al-Qur'an
  • Sempoa diampu oleh alumni ASMA
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Arab
  • Baca Tulis Al-Quran
Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Bentuk kegiatan pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Tahassus Ma’arif NU  berupa
a.      Baca Tulis Al-Qur’an
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan keterampilan membaca dan menulis Al-qur’an sejak usia dini, menumbuhkan kecintaan dan kegemaran untuk membaca Al-qur’an. Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca, pelatihan membaca huruf hijaiyah yang dipisah maupun disambung, pengenalan bacaan-bacaan tajwid dalam Al-Qur’an dan pengenalan bacaan-bacaan gharib dalam Al-Qur’an.
b.      Shalat Dhuha dan Dhuhur Berjama’ah
Bertujuan untuk mengenalkan pelaksanaan ibadah shalat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga shalat  fardhu. Ruang lingkupnya adalah pembiasaan Shalat Dhuha dan Shalat Dhuhur secara berjama’ah.
c.       Tahfizd  Al-Qur’an
Bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap al-Qur’an dan membiasakan siswa untuk agar senantiasa membaca Al-Qur’an. Ruang lingkupnya adalah pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap hari.
d.      Sempoa
Bertujuan untuk menyeimbangkan kecerdasan otak kanan dan otak kiri. Ruang lingkupnya adalah melatih kemampuan berhitung tanpa menggunakan alat bantu elektronik.
e.       Muhadoroh (Pidato Bahasa Inggris dan Arab)
Bertujuan untuk menggali, dan mengembangkan potensi peserta didik dalam berpidato. Ruang lingkupnya adalah latihan berpidato pendek menggunakan bahasa Inggris dan/Arab.
f.       Teknologi informasi dan komputer
 Bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap aplikasi komputer. Ruang lingkupnya meliputi Program Paint, Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point.
g.      Layanan Bimbingan dan Konseling
Bertujuan untuk  memberikan layanan konseling kepada peserta didik di lingkungan madrasah. Ruang lingkupnya meliputi:
(1)       Layanan orientasi pengenalan lingkungan madrasah.
(2)       Layanan bimbingan belajar.
(3)       Layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi siswa.
h.       Pencak silat
Bertujuan untuk melatih bela diri tingkat dasar, serta ketangkasan dan  melatih mental anak agar terbiasa tampil didepan umum.

Adapun jadwal, alokasi waktu dan penilaian pada kegiatan Pengembangan diri dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

        Tabel 2. Jadwal dan Alokasi Waktu
No
Kegiatan
Hari
Waktu
Keterangan
1.
Layanan Bimbingan  Konseling
Senin - Sabtu
08.00 – 13.00
ekuivalen dengan 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
2.
Tahfidz Al-Qur’an
Senin - Sabtu
07.00 – 08.00
3.
shalat Dhuha berjama’ah
Senin - Sabtu
09.10 – 09.40
4.
Shalat Dhuhur berjama’ah
Senin – Kamis dan Sabtu
12.45 – 13.15
5.
Teknologi Informasi dan Komputer
Senin, Selasa, Kamis
13.30 – 14.30
6.
Pencak silat
Rabu
13.30 – 14.30
7.
Sempoa
Senin, Selasa, Kamis
13.30 – 14.30
8.
Muhadoroh
Senin, Selasa, Kamis
13.30 – 14.30
9.
BTQ
Senin, Selasa, Kamis
13.30 – 14.30


DOWNLOAD



JADWAL REMIDI UKK 2014/2015
MI TAHASSUS PRAPAGKIDUL

No
Hari/Tgl
Waktu
Kelas
IA
IB
IIA
IIB
IIIA
IIIB
IV
V
1
Rabu/ 10 Juni 2015
07.00 - 08.00
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
08.00 - 08.50
B.Arab
B. Inggris
Akidah Akhlak
Pkn
Pkn
Fiqih
B. Arab
B. Indonesia
08.50 - 09.20
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
09.20 - 10.10
Qurdis
Qurdis
B. Jawa
Akidah Akhlak
IPS
B. Arab
Qurdis
IPS
10.10 - 11.00
Fiqih
Fiqih
B. Arab
B. Arab
Fiqih
B. Jawa
IPA
B. Inggris
2
Kamis/ 11 Juni 2015
07.00 - 08.00
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
08.00 - 08.50
B. Indonesia
IPA
B. Inggris
Ipa
IPA
IPA
IPS
Fiqih
08.50 - 09.20
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
09.20 - 10.10
B. Jawa
B. Jawa
B. Indonesia
Qurdis
B. Arab
B. Indonesia
B. Inggris
IPA
10.10 - 11.00
Pkn
Pkn
Pkn
Fiqih
Qurdis
IPS
Pkn
Pkn
3
Jum'at/ 12 Juni 2015
07.00 - 08.00
Takror
Takror
Takror
Takror
Takror
Takror
Takror
Takror
08.00 - 09.00
IPA
B. Indonesia
Ipa
B. Jawa
Akidah Akhlak
Akidah Akhlak
SKI
B. Arab
09.00 - 09.30
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
09.30 - 10.30
Akidah Akhlak
Akidah Akhlak
IPS
IPS
B. Jawa
Pkn
B. Jawa
B. Jawa
4
Senin/ 15 Juni 2015
07.00 - 08.00
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
Tahfidz
08.00 - 08.50
Matematika
Matematika
Matematika
B. Inggris
B. Indonesia
SKI
Matematika
Matematika
08.50 - 09.20
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha
09.20 - 10.10
B. Inggris
B. Arab
Fiqih
Matematika
Matematika
Matematika
SKI
Qurdis
10.10 - 11.00
SBK
SBK
Qurdis
B. Indonesia
SKI
Qurdis
B. Indonesia
SKI



Struktur Kurikulum MI

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV, V, dan VI
A.  Mata Pelajaran




1.      Pendidikan Agama Islam




a.       Al-Qur’an-Hadis



2
b.      Akidah-Akhlak



2
c.       Fikih



2
d.      Sejarah Kebudayaan Islam



2
2.      Pendidikan Kewarganegaraan



2
3.      Bahasa Indonesia



5
4.      Bahasa Arab



2
5.      Matematika



5
6.      Ilmu Pengetahuan Alam



4
7.      Ilmu Pengetahuan Sosial



3
8.      Seni Budaya dan Keterampilan



4
9.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



4
B.  Muatan Lokal *)



2
C. Pengembangan Diri **)



2
Jumlah
31
31
33
39
Keterangan:
1)      Pembelajaran di kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan di kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2)      *) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).


3)      **) Bukan mata pelajaran, tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).